Saturday 23 January 2016

Cara Mudah Memperbaiki Multimeter Yang Rusak

Multimeter atau AVO meter adalah salah satu alat ukur multi guna yang wajib dimiliki oleh pencinta elektronika. Alat ini mampu mengukur tegangan, hambatan, daya, arus, bahkan dapat digunakan untuk memeriksa komponen atau rangkaian elektronika dalam sebuah alat elektronik. Karena banyaknya kegunaannya itu maka kita sering kali dihadapkan pada masalah bila terjadi kerusakan. Lalu bagaimana cara memperbaiki multimeter yang rusak?
Baca juga: Cara Memeriksa Komponen Elektronika Menggunakan AVO Meter
Harga sebuah multimeter memang bervariasi tergantung dari merek dan kualitasnya. Biasanya mulitemeter yang murah lebih cepat rusak. Mengetahui cara memperbaiki multimeter yang rusak sangat baik selain dapat menghemat biaya juga dapat mengasah kemampuan elektronik Anda.

Namun sebelum mempelajari cara memperbaiki multimeter yang rusak lebih baik mengetahui dulu penyebabnya.

tips mengatasi kerusakan avo meter

Penyebab Multimeter Rusak

  1. Terjatuh dsb sehingga terkena banyak goncangan.
  2. Kesalahan dalam penggunaan seperti salah memutar saklar selektor saat mengukur tegangan tinggi, posisi probe yang terbalik saat pengukuran, atau terlalu cepat memutar selektor.
  3. Terkena air
Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Kipas Angin Mati Total

Cara Memperbaiki Multimeter Yang Rusak


Berikut ini adalah beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memperbaiki multimeter yang rusak.

  1. Periksa kondisi baterai dan konektornya, apakah masih dapat berfungsi dengan baik, bila tidak, segera ganti baterai atau perbaiki konektornya.
  2. Periksa kondisi probe / pencolok, apakah ada kabel yang putus? Bila iya segera disambung atau diganti.
  3. Buka penutup multimeter dan periksa isinya apakah ada solderan, sekring, atau sambungan yang putus? Jika ada segera diperbaiki.
  4. Periksa apakah ada komponen terbakar atau yang kondisinya mencurigakan, bila iya cobalah bersihkan dulu semua bagiannya seperti konektor tembaga pada selector dan pin untuk kaki tembaga saklar selektor.
  5. Bila masih belum berfungsi juga, lakukan cara memperbaiki multimeter yang rusak dengan memeriksa resistor pada masing-masing pin selector menggunakan multimeter lainnya yang berkondisi baik.
  6. Bila masih rusak, periksa spul skala jarum, silahkan ganti untuk memperbaiki multimeter yang rusak tsb.

Itulah cara memperbaiki multimeter yang rusak yang perlu Anda ketahui. Bila sampai no.6 di atas Anda masih belum dapat memperbaiki multimeter yang rusak tsb mungkin itulah saatnya Anda membeli multimeter yang baru.


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/08/cara-memperbaiki-multimeter-yang-rusak.html


Video yang berkaitan dengan Cara Mudah Memperbaiki Multimeter Yang Rusak


0 comments:

Post a Comment