Sunday 17 January 2016

Tips Mencari Masalah Dynamo Mesin Cuci

Tips mencari masalah dynamo mesin cuci. Mesin cuci merupakan kebutuhan utama bagi ibu-ibu rumah tangga namun kwalitas dynamo mesin cuci yang sering rusak menjadi masalah utama. Di sini saya akan sedikit memberi tips cara mencari masalah dynamo seperti short/konslet dan motor dynamo yang putus.

Sebelum memulai langkah- langkahnya lebihb baik anda mencermati gambar di bawah ini:

MENGATASI DINAMO SHORT/KONSLET
  • Amati kondisi kawat serta kertas/plastic mica pada penutup kawat serta sekat pada lilitan paling utama serta starter (hijau pada gambar di atas). Apabila kawat terlihat berubah warna pada satu kutub dibanding dengan kutub yang lain atau kertas/plastic mika tampak gosong/menciut pada satu kutub karena panas yang terlalu berlebih, bisa kita curigai dibagian kutub tersebutlah yang short. Namun bila shortnya tak terlampau parah, umumnya kawat serta mica terlihat mulus. Jadi terserah anda untuk mengawali kutub mana yg ingin dicek terlebih dulu.
  • Putuskan tali pengikat pada kutub yang ingin di check dengan cara berhati-hati, supaya kawat tak tergores atau turut terpotong.
  • Bebaskan kopelan kawat yg keluar dari paling utama serta starter pada titik A (saksikan pada gambar di atas). Bila telah dilepaskan, artinya pada starterutama tak ada lagi jalinan. Bila dites dg tester nyatanya masih tetap ada hubungan walau dg resistansi besar, bermakna dynamo itu masih tetap short.
  • Pisahkan atau renggangkan pada tumpukan kutub starter dan kabel utama dengan menekan kutub starter kebagian dalam dengan memakai tangan atau obeng (bila sirlak cukup keras) yg diameternya/permukaan obengnya tak terlalu besar/tajam serta bisa diselipkan di antara kutub paling utama serta pertengahan celah pada kutub starter. Kerjakan dengan hati2 supaya kawat tak putus atau mengelupas emailnya menjaga agar tidak short kemudiannya.
  • Teliti dg tester pada ke-2 kawat yang sudah dilepaskan atau dapat pula pada titik B serta C (saksikan gambar). Bila masih tetap short, kerjakan kembali langkah ke-4 pada kutub yang lain sembari dikerjakan penelusuran dengan tester. Kerjakan hingga sisi yang short ketemu dengan ditandai tak ada lagi jalinan pada paling utama serta starter walau posisi tester pada taraf X10K.
  • Bila sisi yang short sudah diketemukan, bakal terlihat sisi e-mail kawat yang mengelupas. Bila tak terlampau kronis (banyak), cukup sirlak kembali sisi yang mengelupas kemudian lilitan kembali di atur lantas beri sekat pemisah (mica) pada pertemuan/persilangan seluruhnya kutub paling utama serta starter.
  • Ikat kembali seluruhnya liitan, kembalikan sambungan kawat serta kabel seperti awal mulanya serta kerjakan kembali penelusuran dengan tester. Sesudah dipercaya lilitan dynamo tak akan short kerjakan kembali penyirlakan kabel secara merata

MENGATASI DINAMO YANG PUTUS
  • Dinamo bisa disebutkan putus jika kita kerjakan penelusuran dengan tester di antara satu kabel ouput dengan kabel yang lain tak ada jalinan sekalipun. Bila dengan cara visual kawat2 lilitan terlihat baik mengenai langkah penelusuran yang bisa kita lakukan yaitu sebagai berikut :
  • Bebaskan/putuskan tali pengikat di bagian kabel terlebih dulu. Check seluruhnya sambungan kawat pada kabel dengan melepas selongsong kabel satu persatu (sering putusnya kawat lilitan dynamo berlangsung di sini).
  • Untuk melokalisir penelusuran, teliti dengan tester sisi starter atau paling utama yang putus.
  • Awalilah dari kabel yang dari penelusuran awal tak terhubung dg yang lain. Untuk misal kita anggap saja yang putus yaitu lilitan paling utama (A-B).
  • Kupas sedikit e-mail pada kawat yang keluar (ujung) dari kutub ke-2 atau pangkal kawat pada kutub ke-3 (center).
  • Teliti jalinan pada center ke titik A atau B. Bila yang putus kalau pada center ke B, jadi penelusuran bisa dipersempit pada pertengahan 2 kutub di antara titik B serta center. Dengan demikian bisa di pastikan dikutub mana kawat yang putus.
  • Sesudah didapat kutub yang putus barulah kita check lagi lebih cermat di bagian mana yang putus di bagian luar yang bisa kita sambung. Biarpun tak ketemu kita cuma butuh menggulung pada kutub yang putus saja.

CATATAN :
Bila yang short atau e-mail kawatnya telah terlampau banyak yg mengelupas maupun banyak yang putus, baiknya dikerjakan penggulungan baru pada lilitan kutub yg punya masalah. dengan konsekwensi bila yg punya masalah yaitu lilitan sisi luar anda cuma butuh menggulung baru 1 kutub saja, tp bila sisi dalam anda sangat terpaksa menbongkar/mengamputasi lantas menggulung kembali 3 kutub sekalian, 2kutub sisi luar serta 1 kutub sisi dalam yang punya masalah.
Ukur diameter kawat serta kalkulasi dengan cara akurat jumlah kawat pada kutub yang bakal digulung baru




reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/10/tips-mencari-masalah-dynamo-mesin-cuci.html


Video yang berkaitan dengan Tips Mencari Masalah Dynamo Mesin Cuci


0 comments:

Post a Comment