Saturday 9 January 2016

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak

Ada beberapa jenis kerusakan pompa air yaitu pompa air mati total dan pompa air tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Bila Anda mengalami pompa air yang rusak jangan buru-buru menggantinya dengan yang baru karena Anda dapat memperbaiki pompa air yang rusak tsb sendiri di rumah.
Baca juga: Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total

Memperbaiki pompa air yang rusak tidaklah sulit, yang diperlukan hanyak kejelian dan kesabaran dalam mencoba mencari solusinya.

Cara termudah memperbaiki pompa air yang rusak adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab kerusakan pompa air.

cara mengatasi pompa air yang rusak


Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Bersuara Tidak Normal


Misalnya pompa air hanya berdengung / berbunyi namun as rotor tidak berputar atau berputar lemah kemudian mati. Penyebab kerusakan pompa air ini adalah adanya komponen bermasalah seperti kapasitor dan bearing / laker yang rusak, blog pompa kemasukan kotoran, atas as rotor yang karatan dan merekat di stator. Untuk mengatasi kerusakan pompa air tsb adalah dengan mengganti komponen / part yang rusak.
Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Multimeter Yang Rusak

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Hidup Namun Tak Mau Mengeluarkan Air


Penyebab kerusakannya berada pada foot klep di dasar pipa hisap bocor yang disebabkan karet foot kelp yang sudah aus atau terganjal kotoran / pasir. Untuk memastikan penyebabnya, cobalah membuka tutup pancingan pada blog pompa air dan lihat apakah airnya kosong, bila kosong coba penuhi blog tsb dengan air dan hidupkan pompa kembali. Bila air sumur dapat naik namun kemudia tak mau mengeluarkan air lagi maka gantikah foot klepnya. Namun bila tetap hidup dan lancar mengeluarkan air maka dapat dipastikan foot klep hanya terganjal pasir.

Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Lemah atau Hanya Mengeluarkan Air dengan Tekanan Kecil


Kerusakan ini sering terjadi pada pompa air yang menggunakan Impeller berbahan kuningan dimana sisi-sisi impeller tsb mudah sekali tergerus pasir menyebabkan adanya rongga yang lebar antara impeller, tutup impeller, dan blog pompa.

Cara memperbaiki pompa air yang rusak tsb dengan mengganti impeller beserta tutupnya. Melakukan penambalan kurang efektif mengatasi kerusakan pompa ini karena hanya beberapa bulan akan rusak kembali.

Itulah 3 kerusakan yang sering terjadi dan cara memperbaiki pompa air yang rusak tsb. Semoga bermanfaat ..


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/08/cara-memperbaiki-pompa-air-yang-rusak.html


Video yang berkaitan dengan Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak


0 comments:

Post a Comment