Saturday 2 January 2016

Membuat Line Follower Robot sederhana

Line follower robot merupakan jenis dari mobil robot yang berjalan hanya dengan mengamati jalur yang berwarna hitam di atas backgroung yang berwarna putih ( biasanya di lantai dengan menempelkan solatip hitam yang memanjang ). Jenis ini merupakan jenis robotik yang populer dalam dunia robot kustom.

Cara kerjanya cukup sederhana, dimana sirkuit yang digunakan dalam LFR ( Line Follower Robot ) ini adalah menggunakan rangkaian motor yang digerakan oleh LDR yang sangat terpengaruh oleh cahaya gelap. dalam hal ini pita / solatip hitam akan membuat LDR berpikir itu adalah cahaya yang gelap sehingga menonaktifkan saklar yang terdapat pada motor yang kemudian akan menggerakan roda lainnya, namun jika LDR bergeser pada lantai yang berwarna putih, maka ia akan memutus arus listrik dan akan mengaktifkan arus listrik pada motor yang satu lagi sehingga kendaraan tersebut akan bergerak ke kiri ataupun kekanan ( tergantung penempatan motornya ) dengan demikian LDR akan kembali menemukan Pita/solatip Hitam dan kembali menjalankan roda tersebut begitu seterusnya sampai garis garis akhir / finish.


Cara kerja rangkaian LFR dengan menggunakan LDR

Terdapat dua jenis LFR yang sering digunakan pecinta robotik di seluruh Dunia termasuk Indonesia, yaitu rangkaian yang menggunakan mikrokontroller dan yang tidak menggunakan mikrokontroller, dan pada rangkaian yang akan kita buat ini adalah rangkaian LFR sederhana tanpa menggunakan mikrokontroller.







Berikut video cara kerja rangkaian ini:




reff : http://www.hoo-tronik.com/2013/07/membuat-line-follower-robot-sederhana.html


Video yang berkaitan dengan Membuat Line Follower Robot sederhana


0 comments:

Post a Comment