Tuesday 16 February 2016

Membuat Pemanas Air Minum Sederhana

Membuat pemanas air minum sederhana. Hay sobat electro otak atik electric merupakan hal menarik, saya akan memberi tips khususnya untuk anak-anak kost yang minim perabotan misalnya saja pemanas air.

Cara ini cukup sederhana untuk dilakukan dan sangat berguna saat kondisi mendesak misalnya saja ingin mie, ingin kopi dll. Bahan yang di gunakanpun sangat mudah di temukan di sekitar kalian misalnya saja:
  • Stainles stell ? sebagai contohnya saja sendok atau garbu ini di gunakan untuk meneruskan arus listrik ke dalam air yang akan di panaskan.
  • Kabel ? berfungsi untuk menghubungkan arus listrik ke stainles steel tadi panjang pendeknya terserah kalian.
  • Steker ? Yang sering kalian sebut colokan fungsinya untuk menghubungkan arus listrik dari sumber ke kebel
  • Isolator ? Bahan ini yang paling mudah di temukan misalnya korek kayu plastik dll intinya tidak bisa di aliri listrik.
  • Tempat air ? Usahan yang bersih dan bersifat isolator untuk menghindari kalian tersengat listrik misalnya teko plastic gelas dll.

Cara membuat pemanas air sederhana:
  1. Pertama tama rangkai kabel dan steker menjadi satu agar bisa di aliri listrik.
  2. Kemudian kupas kabel keduanya lalu lilitkan ke bahan stainless steel tadi ingan jangan di jadikan satu misalnya sendok untuk arus positive(+) dan garbu untuk arus negatif (-).
  3. Setalah dua tahap di atas sudah di lakukan dengan benar lanjutkan dengan memisahkan sendok dan garbu di atas menggunakan bahan isolator tadi lakukan dengan benar jika tidak akan terjadi hubungan arus pendek (konslet) lihat contoh di bawah ini:

  4. Setelah semua sudah siap dan di bersihkan siapkan air yang akan di rebus ke dalam wadah masukkan sendok dan garbu yang sudah di rangkai tadi kedam air (jangan di masukkan semua cukup setengah dari panjang sendok)
  5. Langkah terakhir yakni colokan steker ke sumber arus dan tunggu beberapa menit air akan panas dan lama-lama mendidih dan siap untuk di gunakan. Lihat gambar di bawah ini:

Cara-cara di atas merupakan cara cepat dan sangat mudah jika kalian ingin membuat pemanas air yang bersifat lama untuk di gunakan bisa melihat contoh-contoh gambar di bawah ini:




Baca juga kawan:pemancar FM sederhana

Cara di atas aman untuk di gunakan asalkan di lakukan dengan benar pastika dahulu sebelum memakai jika kelihatan ada rangkaian yang terhubung maka perbaiki lebih dahulu. Untuk arus yang di gunakan untuk awal sebesar 100 watt da lama kelamaan akan berkurang dan sampai akhir titik didih menjadi 10 watt


Air hasil pemanasan di atas di jamin aman asalkan semuanya di bersihkan terlebih dahulu. INGAT CARA PEMANAS AIR SEDERHANA DI ATAS HANYA GAMBARAN. Kalian bisa memodifnya sendiri dengan lebih rapi dan juga bisa di tambahkan saklar ON/OFF agar lebih aman.


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/04/membuat-pemanas-air-minum-sederhana.html


Video yang berkaitan dengan Membuat Pemanas Air Minum Sederhana


0 comments:

Post a Comment