Friday 4 March 2016

Sistem Kontrol

Pada artikel ini akan di ulas mengenaiSistem Kontrol oleh dunia elektro


  • Apa itu Sistem Kontrol?

Sistem kontrol (control system) merupakan suatu kumpulan cara ataumetode yang dipelajari dari kebiasaan-kebiasaan manusia dalam bekerja, dimanamanusia membutuhkan suatu pengamatan kualitas dari apa yang telah merekakerjakan sehingga memiliki karakteristik sesuai dengan yang diharapkan padamulanya. Perkembangan teknologi menyebabkan manusia selalu terus belajaruntuk mengembangkan dan mengoperasikan pekerjaan-pekerjaan kontrol yangsemula dilakukan oleh manusia menjadi serba otomatis (dikendalikan oleh mesin).Dalam aplikasinya, sistem kontrol memegang peranan penting dalamteknologi. Sebagai contoh, otomatisasi industri dapat menekan biaya produksi,mempertinggi kualitas, dan dapat menggantikan pekerjaan-pekerjaan rutin yangmembosankan. Sehingga dengan demikian akan meningkatkan kinerja suatusistem secara keseluruhan, dan pada akhirnya memberikan keuntungan bagimanusia yang menerapkannya.

  • Sasaran Sistem Kontrol

Dalam aplikasinya, suatu sistem kontrol memiliki tujuan/sasaran tertentu.Sasaran sistem kontrol adalah untuk mengatur keluaran (output) dalam suatu sikap/ kondisi / keadaan yang telah ditetapkan oleh masukan (input) melalui elemensistem kontrol.


Gambar 1.1. Diagram Umum Sistem Kontrol

Dengan adanya sasaran ini, maka kualitas keluaran yang dihasilkantergantung dari proses yang dilakukan dalam sistem kontrol ini.

  • Definisi Istilah

Untuk memperjelas keterangan-keterangan dalam buku ini, berikutdiberikan beberapa definisi istilah yang sering dipakai :
  1. Sistem (system) adalah kombinasi dari komponen-komponen yang bekerjabersama-sama membentuk suatu obyek tertentu.
  2. Variabel terkontrol (controlled variable) adalah suatu besaran (quantity) ataukondisi (condition) yang terukur dan terkontrol. Pada keadaan normalmerupakan keluaran dari sistem.
  3. Variabel termanipulasi (manipulated variable) adalah suatu besaran ataukondisi yang divariasi oleh kontroler sehingga mempengaruhi nilai darivariabel terkontrol.
  4. Kontrol (control) ? mengatur, artinya mengukur nilai dari variabel terkontroldari sistem dan mengaplikasikan variabel termanipulasi pada sistem untukmengoreksi atau mengurangi deviasi yang terjadi terhadap nilai keluaran yangdituju.
  5. Plant (Plant) adalah sesuatu obyek fisik yang dikontrol.
  6. Proses (process) adalah sesuatu operasi yang dikontrol. Contoh : proseskimia, proses ekonomi, proses biologi, dll.
  7. Gangguan (disturbance) adalah sinyal yang mempengaruhi terhadap nilaikeluaran sistem.
  8. Kontrol umpan balik (feedback control) adalah operasi untuk mengurangiperbedaan antara keluaran sistem dengan referensi masukan.
  9. Kontroler (controller) adalah suatu alat atau cara untuk modifikasi sehinggakarakteristik sistem dinamik (dynamic system) yang dihasilkan sesuai denganyang kita kehendaki.
  10. Sensor adalah peralatan yang digunakan untuk mengukur keluaran sistem danmenyetarakannya dengan sinyal masukan sehingga bisa dilakukan suatuoperasi hitung antara keluaran dan masukan.
  11. Aksi kontrol (control action) adalah besaran atau nilai yang dihasilkan olehperhitungan kontroler untuk diberikan pada plant (pada kondisi normalmerupakan variabel termanipulasi).

  • Contoh Sistem Kontrol

# Sistem Pengatur Suhu Udara dalam Ruangan
    Dari diagram kotak pada Gambar 1.4, masukan dari sistem pengaturansuhu dalam ruangan adalah suhu yang dikehendaki pemakai ruangan tersebut.Pemilihan heater (pemanas) atau AC (air conditioner) disesuaikan dengankeadaan suhu dalam ruangan dan suhu yang diinginkan pemakai ruangan. Biladiinginkan suhu yang lebih hangat, maka pemanas akan dinyalakan, sebaliknyabila diinginkan suhu yamg lebih dingin, maka AC akan diaktifkan. Keluaran darisistem ini adalah suhu dalam ruangan tersebut. Keluaran ini bisa berubah bilaterdapat gangguan dari luar misalnya terik panas matahari, turun hujan salju, dansebagainya sehingga pemberian umpan balik sangat penting untuk menjagakestabilan suhu ruangan. Pemberian kontroler bertujuan untuk mempercepattanggapan sistem terhadap perubahan yang mungkin terjadi akibat adanyagangguan luar.








    reff : http://insyaansori.blogspot.com/2013/02/sistem-kontrol.html


    Video yang berkaitan dengan Sistem Kontrol


    0 comments:

    Post a Comment