Wednesday 20 July 2016

Membuat Sendiri Rangkaian Microcontroller Arduino Uno ATmega328p


Saya sering menggunakan Arduino untuk menguji prototipe proyek saya sebelum menyelesaikannya. Kadang-kadang, saya ingin menguji lebih dari satu proyek pada waktu yang sama. Saya akan membutuhkan lebih banyak Arduino, tetapi Arduino asli masih mahal bagi saya untuk tujuan prototyping. Oleh karena itu, saya memutuskan untuk membuat Arduino sendiri. Beberapa manfaat dari membuat Arduino bagi (setidaknya untuk saya) adalah murah, mudah dan sarana belajar untuk merancang PCB dan elektronik pada saat yang sama. Meskipun ada banyak panduan tentang cara membuat Arduino sendiri, saya memutuskan untuk membuatnya dengan versi saya sendiri sehingga saya bisa berbagi dengan pembaca, dan juga sebagai dukumen buat saya kalau suatu waktu saya akan membuatnya kembali.

Gbr. Board Arduino Uno Asli

Pertama-tama, saya akan mencantumkan beberapa komponen yang dibutuhkan untuk perakitan Arduino Uno ini :

- ATmega328P mikrokontroler dengan UNO Bootloader (Chip kosong perlu diinstall bootloadernya sendiri)

– 16MHz Crystal x1

– 22pF ceramic capacitor x2

Optional

– LM7805 voltage regulator x1

– 100uF capacitor x1

– 10uF capacitor x1

– Tact switch x1 (For reset)

– 10k ohm resistor (For reset)

– LED (For pin13 indicator)

– 330 ohm resistor (LED)

– 28 pins IC Socket

Selain bagian-bagian yang disebutkan di atas, bagian penting lain yang Anda butuhkan adalah USB to UART converter. Anda akan membutuhkan ini untuk program Arduino Anda dari komputer Anda. Ada beberapa USB to UART converter yang tersedia di pasaran untuk Anda, kebanyakan menggunakan IC FT232RL, tapi saya juga akan menunjukkan salah satu yang saya gunakan, yaitu menggunakan typeIC PL2303 .

Breakout Board untuk FT232RL USB to Serial buatan Sparkfun

Converter USB to UART buatan Cytron


Pemetaan kaki ATmega328P dengan fungsi Arduino

Meskipun gambar yang dari Atmega168, tetapi pinnya sama saja dengan ATmega328. Perbedaan antara keduanya hanyalah pada ruang pemrograman saja, dimana ATmega328 memiliki ruang dobel bagi Atmega168.

Webisite resmi untuk Arduino memberikan skema dari Arduino Uno Desain yang tersedia di sini. Anda dapat mengambil ini sebagai referensi ketika merancang board Anda. Namun, saya akan berbagi dengan Anda skema rangkaian Arduino buatan saya sendiri.

Gbr. Skema Arduino pada Eagle Cadsoft

Skema sederhana Arduino dirancang dengan Eagle CADSOFT. Pada dasarnya terdiri dari dua bagian, yang merupakan catu daya dan bagian mikrokontroler. Saya menggunakan LM7805 regulator tegangan linier untuk memasok seluruh rangkaian. Perhatikan bahwa tegangan input harus setidaknya 1.5V sampai 2 V lebih tinggi dari tegangan output untuk LM78xx regulator linear. Sebuah beralih beralih digunakan untuk menghidupkan dan mematikan untuk seluruh rangkaian.

Untuk bagian mikrokontroler, pada dasarnya rangkaian minimum untuk menjalankan Arduino. Sebuah pull up resistor pada pin 1 (reset) untuk ATmega328P Chip. Sebuah kristal 16MHz digunakan untuk frekuensi clock. Sebuah LED terhubung ke pin digital 13.

Layout Arduino pada Eagle Cadsoft

Ini adalah Arduino pertama saya membuat pada PCB. Semua pin dari ATmega328P diperpanjang untuk header perempuan di dekatnya. Aku tidak bisa membuatnya sama seperti aslinya pin Arduino Uno. Satu-satunya downside adalah saya tidak bisa menggunakan apapun yang tersedia Arduino perisai. Namun, masih mampu melayani untuk tujuan saya untuk prototipe proyek saya.

Arduino Rakitan Pertama Saya

Tampak belakang Arduino buatan saya

Berikut ini adalah langkah-langkah merangkai  Arduino pada papan breadboard :

Masukkan Regulator LM7805 5V Linear

Menghubungkan rel luar pada papan breadboard

Menghubungkan rel dalam pada papan breadboard

Menghubungkan ground dari regulator

Menghubungkan output 5V dari regulator

Hubungkan kapasitor100uF pada input regulator

Hubungkan kapasitor 10uF pada output regulator

Masukkan IC ATmega328P mikrokontroler

Hubungkan 5V ke pin 20

Hubungkan 5V ke pin 7

Hubungkan GND ke pin 8

Hubungkan GND ke pin 22

Hubungkan 5V untuk konverter USB to UART 

Hubungkan GND untuk konveterUSB to UART

Hubungkan GND untuk tombol reset

Membuat koneksi untuk tombol reset untuk pin 1

Sambungkan kapasitor 100nF untuk reset

Menghubungkan kapasitor ke pin 1

Hubungkan Tx dari konverter USB to UART ke pin 2

Hubungkan Rx dari konverter USB ke UART ke pin 3

Masukan tombol reset

Masukkan 10k ohm menarik resistor ke pin 1

Masukkan kristal 16MHz antara pin 9 dan 10

Masukan dua kapasitor 22pF dari pin 9 ke GND dan pin 10 ke GND

Masukkan resistor 330 ohm ke pin 19

Masukan LED dari resistor 330 ohm ke GND

video berikut ini menunjukkan setup papan breadboard untuk Arduino dan menjalankan schets LED berkedip.



reff:https://iamzxlee.wordpress.com/2014/02/20/build-your-own-arduino-uno/


Video yang berkaitan dengan Membuat Sendiri Rangkaian Microcontroller Arduino Uno ATmega328p


0 comments:

Post a Comment