Wednesday 20 July 2016

Rangkaian Pemancar FM Mini 3 Volt

NB: L1 adalah lilitan kawat email pada koker 1/4 inchi tanpa inti sebanyak 6-8 lilit dengan kawat email 0,4 mm.

Rangkaian pemancar FM sederhana ini terdiri dari 2 bagian yaitu :

Bagian pre-amplifier microphone, berfungsi sebagai penguat sinyal dari kondenser mic untuk di campur dengan frekuensi oscilator FM. Rangkaian pre-amp mic ini dibangun dengan transistor Q1 2N3904 berupa penguat tegangan 1 tingkat.

Bagian transmitter FM, berfungsi sebagai pembangkit frekuensi carier FM sekaligus memancarkannya melaui antena. Rangkaian ini dibangun dengan oscilator 1 transistor Q2 2N3904 dengan frekuensi yang dapat diatur melalui C4. Untuk mendapatkan daya yang lebih kuat dapat mengganti transistor Q2 2N3904 dengan 2N5088 tanpa mengubah nilai dan bentuk rangkaian yang ada.

Rangkaian pemancar FM sederhana atau mini FM transmitter ini dapat beroperasi dengan sumber tegangan +3 volt dari 2 buah batere AA. Jarak pancaran sekitar 50 meter cukup baik untuk pemancar kecil dengan sumber tegangan +3 volt dari batere. Rangkaian pemancar FM sederhana ini dibangun dengan 2 buah transistor yang masing-masing berfungsi sebagai penguat microphone dan sebagai pemancar atau transmitter FM. Rangkaian pemancar FM mini ini diberi input dari sebuah microphone kondenser atau microphone electret.

Frekuensi kerja rangkaian pemancar FM sederhana ini berada pada band frekuensi radio 87 MHz hingga 108 MHz, untuk kondisi aman sebaiknya diset di range bawah dari penerima radio FM. Seting frekuensi kerja unutk rangkaian pemancar FM sederhana ini dilakukan dengan mengatur tuas kapasitor variabel (trimer kapasitor) C4 hingga diterima dengan baik pada range frekuensi FM tersebut. Rangkaian pemancar FM sederhana ini dapat diaplikasikan sebagai microphone wireless dengan penerima berupa radio penerima FM.

Smoga bermanfaat...


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Pemancar FM Mini 3 Volt


0 comments:

Post a Comment