Tuesday 19 July 2016

Rangkaian Remote On/Off Jarak Jauh Menggunakan Hand Phone

Rangkaian ini memanfaatkan tegangan yg menggerakan vibrator hp sebagai bias Q1. Karena Q1 mendapat bias dari tegangan vibrator hp makan arus mengalir dan mengaktifkan relay K2.1

Langkah pembuatan: Buatlah rangkaian seperti pada gambar di atas dan pastikan relay bekerja saat Anda beri input tegangan sebuah bateray 1,5V. Bongkarlah sebuah ponsel/HP murah, jelek, sembarang merk (tapi yang tidak rusak dan kartu masih aktif) untuk menyambung dengan kabel kecil secara paralel (solder) 2 terminal motor vibrator keluar dari casing HP atau langsung sambung dengan soket kecil jika dikehendaki rangkaian mudah dilepas dan disambung; Sambungkan 2 kabel terminal di atas dengan saluran input rangkaian yang teman-teman buat, dan cobalah melakukan panggilan ke HP tersebut (jika belum bisa, baliklah polaritasnya); Settinglah HP tersebut sehingga hanya panggilan yang dapat mengaktifkan vibrator.






Rangkaian yang merupakan modifikasi HP ini dapat digunakan berbagai keperluan antara lain :
- Menyalakan dan mematikan Lampu penerangan , hanya dengan satu kali miscall untuk menghidupkan lampu dan miscall satu kali lagi agar lampu mati.
- Menghidupkan pompa air dari jarak jauh, misalnya kita mau mengisi air kolam ikan atau menyiram rumput dan tanaman pada pagi dan sore hari sedangkan kita berada di luar kota dapat memanfaatkan hape kita.
- Menyalakan dan mematikan kipas angin, kompressor dan berbagai peralatan elektronik lainnya.
- Untuk keperluan yang lebih kompleks misalnya menghidupkan webcam atau kamera pengintai yang bisa dimonitor dari jarak jauh dengan memanfaatkan jaringan internet .

Selamat mencoba dan berkreasi...


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Remote On/Off Jarak Jauh Menggunakan Hand Phone


0 comments:

Post a Comment