Wednesday 20 July 2016

Rangkaian Volume Control Digital IC DS1669

Proyek elektronika kali ini adalah rangkaian Volume Control Digital IC DS1669 – Skema rangkaian volume kontrol digital ini dibangun oleh sebuah control sirkuit IC DS1669 hingga skema rangkaian volume control tersebut jadi benar-benar sederhana. IC DS1669 adalah chip IC produksi Dalas yang bekerja sebagai  potensiometer digital dengan 2 buah tombol untuk mengatur level resistansi yang ada pada IC DS1669 tersebut. Prinsip dari volume contol digital di atas bisa disimak skema & daftar komponennya dibawah ini :

Skema Volume Control Digital IC DS1669

Daftar komponen :

Capasitor 1  dengan ukuran 0. 1uf
U1 DS1669

S1, S2 Push Button Switch

Rangkaian Volume Control Digital pada gambar di atas menggunakan 2 unit tombol push button untuk mengatur nilai resistansi output/keluaran IC DS1669. IC digital jenis DS1669 tersebut bisa dipakai untuk mengontrol level sinyal suara yg dijalankan. Tombol S1 berperan sebagai tombol UP. Jika tombol UP ditekan maka level sinyal suara yg diolah IC tersebut bakal naik. Tombol S2, berperan sebagai tombol Down untuk menuurunkan level tegangan/voltage sinyal input/masukan yg diolah. Sinyal input/masukan & sinyal output/keluaran yg dikontrol IC DS1669 pada gambar di atas bisa dikontrol level tegangannya memakai tombol UP (S1) & tombol Down (S2).

Sumber daya untuk rangkaian volume kontrol digital pada gambar di atas memerlukan sumber tegangan/voltage DC +5 Volt DC untuk beroperasi dngn bagus. Sumber daya untuk skema rangkaian volume kontrol digital tersebut memerlukan sumbet tegangan/voltage DC yg stabil & rata, hal tersebut mempunyai tujuan untuk menghindari noise.

Smoga bermanfaat....


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Volume Control Digital IC DS1669


0 comments:

Post a Comment