Monday 18 July 2016

Saklar Setuh Pengaman Motor Transistor


Sebelum merakitnya ada satu syarat yaitu : mempunyai sepeda motor dan Aki(Accu)nya masih normal !
Keterangan:
*Prinsip Dasar kerja rangkaian ini adalah MMV (Monostable Multivibrator = Penggetar Ganda Tidak Stabil) saklar sentuh (Touch).
*Mematikan fungsi trigger (penyulut) pengapian yaitu CDI atau Pulser.
*Setelah Kunci Kontak On dan belum disentuh, bila motor distarter baik secara Electric ataupun Manual mesin tidak akan bisa hidup, karena Relai pada kondisi Off dan jalur CDI/Pulser masih short/konsleting ke Ground (Massa/Body).
Proses:
1. Buat rangkaian seperti rangkaian di atas. Semua komponen usahakan merapat, Relay dibawah dan R,Tr dan lain-lain diatas PCB, cukup ukuran 2x3 cm.
2. Titik A adalah titik sentuh, beri kabel secukupnya tergantung penempatan anda dan ujung kabel sembunyikan sesuai selera, biasanya di Dashboard plastik dekat Stang sebelah kiri, usahakan sekecil mungkin agar tidak diketahui orang lain !
3. Titik Out sambungkan ke kabel CDI disekitar kunci kontak atau Pulser.
4. Led kontrol tempatkan di panel sekitar Speedometer agar mudah dilihat, setalah kunci kontak On dan titik A disentuh Relai bekerja dan Led akan menyala, sepeda motor bisa di starter !




Daftar komponen rangkaian :
R1=220k, 

R2=1k, 
R3=2k2, 
Led=warna bebas,
Q1=Tr 9012, 
Q2=Tr 9013/14, 
RE=Relay 12v...

NB: Setelah sentuh sekali Relai berfungsi dan sentuh berikutnya tidak akan berfungsi kecuali kunci kontak ke posisi Off = Relai juga Off !!!


Smoga bermanfaat....


Video yang berkaitan dengan Saklar Setuh Pengaman Motor Transistor


0 comments:

Post a Comment