Monday 28 November 2016

Tabel Ukuran Kekuatan Kawat Email ( Kawat Tembaga , Enamel )

Tabel Ukuran Kekuatan Kawat Email (Kawat Tembaga, Enamel)

Kawat Email Tembaga Atau Enamel Copper Wire Sering Juga Dinamakan Kawat Tembaga Atau Kawat Dinamo, Kawat Trafo.
Kawat Tembaga Berlapis Enamel ini Sering Dipergunakan Untuk Transformator ( Trafo ), Motor Dinamo, Motor Kipas Angin, Motor Dc Bahkan Sebagai Kawat Tembaga Tamiya Mainan anak-anak dan lain sebagainya.

Bagi anda yang akan membuat atau merancang sebuah trafo biasanya membutuhkan Tabel / daftar Kekuatan kawat email ini. Berikut ini adalah Tabel Ukuran Kekuatan Kawat Email ( Kawat Tembaga ) sumber gambar dari Sani Hasan Bandung :



Memilih ukuran kawat yang tepat sangat penting dalam membuat sebuah trafo. Besarnya Arus amper trafo dari sebuah trafo yang akan dirancang membuat pemilihan diameter kawat menjadi hal utama sebelum memulai semua proses yang lainnya.

Apabila anda kesulitan menemukan kawat yang berukuran besar, maka sebenarnya kawat tembaga bisa digantikan dengan 2 buah kawat yang dijadikan satu yang memiliki luas penampang lebih kecil, Bukan yang diameternya 2 kali lebih kecil ya. Atau sebaliknya jika anda ingin menemukan ukuran kawat yang 2x lebih besar ampernya dari kawat yang dipakai saat ini, maka tabel tersebut juga dapat dipergunakan.

Lihat Contoh berikut :
Sa'at ini kita menggunakan kawat berdiameter 0.80 mm untuk membuat suatu trafo. Pada suatu sa'at kita ingin meningkatkan atau membuat trafo yang arus ampernya 2x lebih besar dari yang sa'at ini. Maka caranya adalah dengan menemukan angka di kolom 2 kali, yaitu 1.005mm?. Lalu angka tersebut dipakai untuk menemukan angka yang mendekati di kolom Luas Penampang (mm?).

Dalam tabel luas penampang yang paling mendekati yaitu 1.130 mm?. Sehingga untuk mendapatkan kawat 2x lebih besar dapat menggunakan kawat 1.20mm atau 1.15mm.


INGAT!!! Kekuatan kawat Email 1.6mm bukan 2x ukuran 0.80. Berbeda dengan antara diameter dan luas penampang.
Semoga bermanfa'at...


reff : http://thohirfariz24.blogspot.com/2015/10/tabel-ukuran-kekuatan-kawat-email-kawat.html


Video yang berkaitan dengan Tabel Ukuran Kekuatan Kawat Email ( Kawat Tembaga , Enamel )


0 comments:

Post a Comment