Sunday 11 December 2016

Cara Memasukan Program Ke ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader

Mikrokontroler ATMega 8 salah satu jenis mikrokontroler yang sangat terkenal sebelum beredarnya board Arduino. Beberapa hal yang membuat mikrokontroler ATMega 8 terkenal diantaranya adalah bentuk fisiknya yang kecil, harganya yang ekonomis namun fiturnya lumayan lengkap. Beberapa fitur yang terdapat pada mikrokontroler ATMega 8 diantaranya adalah port GPIO, ADC, I2C, SPI, USART, TIMER COUNTER 8 bit dan 16 bit, dll. Munculnya Arduino sepertinya membuat mikrokontroler ini sedikit agak dilupakan, dikarenakan kemudahan untuk pemrograman kebanyakan orang berpaling ke arduino. Board arduino yang paling banyak dijual di indonesia adalah arduino uno, board ini menggunakan IC ATMega 328P. Sebetulnya IC ATMega 328P tidak jauh berbeda dengan IC ATMega 8, hanya kapasitas memorinya yang berbeda. Pada awal pengembangan arduino, yang dijadikan sebagai prototipe adalah mikrokontroler ATMega 8 bernama board Arduino NG atau Arduino Severino. Namun board arduino severino ini jarang ditemukan dipasaran. Karena Arduino Severino menggunakan IC ATMega 8, maka banyak orang menyimpulkan bahwa arduino juga bisa digunakan untuk memprogram minimum system ATMega 8. Namun board Arduino Severino menggunakan bootloader yang digunakan sebagai media upload program, sehingga tidak memerlukan downloader lagi. Namun minimum system ATMega 8yang umumnya masih memerlukan downloader untuk mengupload program.

Pada postingan kali ini kita akan menjawab pertanyaan tersebut ! Pada dasarnya kita dapat memprogram semua tipe mikrokontroler di board arduino, baik itu ATMega 8, ATMega 328, ATMega1280, ATMega 2560, dan l;ain-lain walaupun board yang digunakan bukan board arduino. Artinya kita dapat memprogram minimum system jenis apapun sepanjang chip yang digunakan adalah tipe mikrokontroler yang disupport arduino. Kali ini kita akan mempraktekkan cara memprogram atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader. Dimana pada kesempatan ini board yangdigunakan adalah minimum system buatan sendiri yang diberi nama AVR Miniboard

.

Minimum system ini didesain dengan penambahan fitur led, LCD, sensor suhu,dan lainnya sehingga cocok sekali digunakan untuk media pembelajaran bagi pemula. Minimum system AVR Miniboard ini menggunakan port ISP untuk pemrogramannya. Sehingga kita membutuhkan downloader sebagai alat untuk memasukkan programnya. Downloader yang kita gunakan kali ini adalah USBasp buatan sendiri.

Alat yang dibutuhkan :
Tools/Software yang dibutuhkan :

Cara Program ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader

Step by step cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader adalah sebagai berikut ini
  1. Lakukan instalasi driver USBasp pada laptop/komputer.
  2. Buka aplikasi arduino dan buka program example LED Blink 

    cara program atmega 8 dengan arduino tanpa bootloader
  3. Pilih tipe board Arduino NG
    arduino dengan atmega8
  4. Kemudian pilih tipe processor ATMega 8
    arduino tanpa bootloader
  5. Selanjutnya pilih pada bagian Programmer USBasp
    arduino tanpa bootloader
  6. Untuk melakukan upload program kita harus memilih menu Sketch kemudian Upload Using Programmer
    arduino tanpa bootloader
Selesai semoga bermanfaat.


Video yang berkaitan dengan Cara Memasukan Program Ke ATMega 8 Dengan Arduino Tanpa Bootloader


0 comments:

Post a Comment