Tuesday 10 January 2017

Cara Menduplikasi PCB Menggunakan Software Sprint Layout

Bagi para pecinta elektronika software desain PCB Sprint Layout ini wajib dimiliki karena kemudahannya untuk menduplikat PCB dari bentuk fisiknya saja tanpa menggunakan file rangkaian seperti di eagle. Kegunaannya bila file desain PCB kita hilang karena terhapus atau terformat di hardisk, maka solusinya menjiplak kembali dari PCB yang telah jadi dengan harapan sama persis seperti aslinya. Berikut adalah sedikit tutorial cara menggunakan software penduplikat PCB Sprint Layout  :



1. Ambil foto bagian bawah PCB pada rangkaian yang akan diduplikasi.


2. Open with Paint, lalu Crop, kemudian Flip horizontal. setelah itu save.


3. Buka Program Sprint Layout, lalu ubah terlebih dahulu Metric grids menjadi 0,1 mm.


4. Buka menu Extras, lalu pilih scanned copy, load bitmap, (open / load foto yang telah di edit dan disimpan tadi), lalu ok.


5. Pilih Makros sesuai dengan komponen yang terdapat pada rangkaian, lalu samakan posisi penempatan komponen tersebut pada pad PCB. Pastikan semua komponen benar-benar telah lengkap.



6. Teliti secara detail pelan-pelan Buatlah track sesuai jalur pada PCB, jangan sampai ada yang salah jalur maupun miss connect. check sekali dua-kali untuk memastikan track bener2 ok.


7. Lakukan preview dengan memindah side C2 ke S1.


8. Ukur menggunakan Measure, tinggi dan lebar board PCB aslinya lalu Ganti ukuran board sesuai pengukuran.






9. Gunakan Photoview untuk melihat preview hasil cetakan PCB.



10. Setelah semuanya selesai jangan lupa untuk menyimpan atau save file layout tersebut. siapkan kertas transfer paper maupun sejenis yang nantinya untuk diprint lalu ditransferkan ke pcb polos. Atur print preview C2 untuk bottom cooper (track/jalur pcb) sedangkan S1 untuk silkscreen-top (komponen atas). option pilih black & white dengan skala perbandingan 1:1. print menggunakan Laser jet, jangan yang lain.


11. Selesai..!

Untuk yang belum punya software desain PCB Sprint Layout silahkan download di SINI !

Semoga bermanfaat.


Video yang berkaitan dengan Cara Menduplikasi PCB Menggunakan Software Sprint Layout


0 comments:

Post a Comment