Tuesday 14 February 2017

Cara Memperbaiki Lampu CFL ( Lampu Jari )

Selamat berjumpa lagi diblog saya ini, kali ini saya akan memberikan artikel tentang cara memperbaiki lampu cfl ( lampu-jari )yang sudah rusak atau mati, sayangkan kalau mau dibuang, karena masih bisa diperbaiki. sebenarnya tidak susah untuk memperbaikinya, hanya beberapa komponen elektroniknya saja yang sering rusak, apalagi untuk jenis-jenis lampu cfl yang harganya murah, mungkin sering sekali mati, baru beberapa minggu pake sudah mati alias tidak menyala lagi. Pasti kecewa tuh kalau baru beli baru beberapa minggu sudah wafat..heheehe..

Ada yang belum tau cfl? oke saya kasih tau sedikit ya. Lampu CFL (Compact Flourescent Lamp) atau disebut juga dengan lampu hemat energy ada juga yang menyebutnya dengan sebutan lampu neon jari, atau apalah namanya supaya sobat pembaca tidak bingung lampu apa yang akan dibahas pada tulisan kali ini berikut ini beberapa contoh lampu cfl yang saya maksud.

Jenis Lampu CFL

lampu-cfl-hemat-energy-neon-jari
Lampu Hemat Energy, Lampu CFL atau Lampu Jari
Bongkar Lampu CFL1


Memperbaiki lampu CFL yang sudah mati

Sebelum melanjutkan tips cara memperbaiki lampu cfl ( lampu jari ),ada baiknya sobat sudah memilki alat ukur multitester sendiri, solder, tenol dll, karena alat tersebut merupakan suatu alat yang penting untuk mengenal dunia elektronik atau belajar elektronik.

Tools Perbaikkan Lampu CFL


Kerusakan yang terjadi
Kerusakan umum yang terjadi pada mode lampu neon jari atau lampu cfl ini biasanya pada rangkaian elektronik, dan filamen putus karena terlalu panas, pada komponen elektroniknya umum rusak pada transistor,resistor dan kapasitor.

Cara memperbaikinya adalah:

Bongkar Lampu

Pertama buka cover penutup lampu tersebut, bisa dengan menggunakan obeng minus, congkel dibagian sambungan cover yang terbuat dari plastik secara berlahan, hati-hati saat membuka jangan sampai bola lampu neonnya pecah.



Pemeriksaan komponen yang rusak

Pemeriksaan komponen yang rusak menggunakan multitester, hati hati saat memegang rangkaian bisa saja masih ada muatan listrik yang tersimpan pada kapasitor, pemeriksaan pertama dilakukan dengan memastikan kondisi lampu (filamen pada lampu) masih dalam keadaan baik.

Dari tabung lampu terdapat empat kawat, masing-masing ada dua kawat yang keluar, dan ukur kedua ujung kawat yang keluar tersebut dengan menggunakan multitester dengan switch selector diposisikan pada ohm, x10 atau x1, pastikan tidak ada yang putus.(jarum bergerak tidak sampai full / jika tidak bergerak sama sekali berarti lampu sudah putus), kalau sudah putus berarti lampu tersebut tidak bisa dipergunakan lagi. Tapi masih bisa diganti dengan lampu TL biasa yang bentuknya bulat panjang. akan dibahas diartikel selanjutnya.

Lampu CFL rusak


Jika langkah diatas dinyatakan ok, lampu tidak ada yang putus, pemeriksaan lanjutkan pada Condensator mylar yang terdapat pada rangkaian (terhubung ke kawat lampu, antara ujung tabung satu dengan ujung tabung yang satunya, gunakan multitester dan ukur jika terhubung singkat atau ada pergerakan pada jarum multitester berarti condensator tersebut rusak, silahkan ganti dengan ukuran yang sama dibadan condensator mylar tersebut.

Langkah selanjutnya periksa transistor-transistornya, untuk lampu neon cfl yang harga murah biasanya menggunakan transistor ME13001, MJE13002 dan sejenisnya pastikan transistor dalam keadaan baik, untuk mengukur transistor sebaiknya dilepas dari rangkaian atau pcb nya, karena kaki transistor terhubung ke rangkaian toroid, untuk memudahkan dan memastikan transistor baik atau tidaknya.

Langkah selanjutnya periksa dan ukur elco (condensator electrolit) untuk elco biasanya bisa dilihat dari bentuk fisik, jika menggelembung atau bentuknya tidak normal bisa dipastikan rusak atau sudah bocor, akan tetapi lebih baik memastikan dengan menggunakan multitester.

Langkah selanjutnya memeriksa empat buah dioda yang terdapat pada rangkaian, pada jalur kabel arus masuk kerangkaian, dan cek juga fuse (sekring) ada beberapa lampu cfl menggunakan skring sebagai pengaman rangkaian, ada yang berbentuk resistor berukuran kecil dan ada juga yang menyerupai sekring pada umumnya.

Jika semua diperiksa dan diganti komponen-komponen yang mencurigakan diatas, coba nyalakan lampu neon dengan memberi catu daya listrik dan lihat hasilnya jika menyala berarti anda berhasil memperbaikinya. jika belum berhasil cek lagi komponen komponen pasti masih ada yang rusak. semoga artikel cara memperbaiki lampu neon cfl sendiri bisa sedikit memberikan tambahan informasi atau bacaan buat sahabat yang suka ngoprek elektronik.

Terima kasih sudah membaca artikel saya dan selamat mencoba memperbaiki sendiri lampu CFL nya semoga berhasil. Amin


reff : http://thohirfariz24.blogspot.com/2015/09/cara-memperbaiki-lampu-cfl-lampu-jari.html


Video yang berkaitan dengan Cara Memperbaiki Lampu CFL ( Lampu Jari )


0 comments:

Post a Comment