Tuesday 19 January 2016

Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total

Salah satu kerusakan pompa air yaitu pompa air yang tidak bisa berbunyi sama sekali apalagi mengeluarkan air, atau istilah pompa air mati total. Ada du acara untuk mengatasi pompa air mati total, yaitu menggantinya atau memperbaiki pompa air mati total tsb.
Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Multimeter
Membeli pompa air baru memerlukan biaya yang tak sedikit, sementara membeli pompa air second / bekas sangat berisiko mengalamai kerusakan yang sama. Bila Anda tak memiliki cukup uang, tak ada salahnya mencoba memperbaiki pompa air mati total tsb.

cara mengatasi pompa air rusak yang mati total

Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total


Memperbaiki pompa air mati total dapat dilakukan secara mudah bila kita mengetahui penyebabnya yang biasanya disebabkan oleh tidak adanya pasokan listrik yang masuk / diterima pompa air tsb.

Berikut ini adalah langkah / cara panduan untuk memperbaiki pompa air mati total tsb, cobalah lakukan secara berurutan sampai ditemukan penyebab dan solusinya:
  1. Periksa aliran listrik dari sumber pasokan listrik (stop kontak atau saklar) ke pompa air. Jika ada tegangan listrik masuk, periksa ?Switch Water level? di Tandon air (jika menggunakan Sensor Water Level), bisa saja penyebabnya karena sensornya error. Atau periksa ?Automatic Pressure Switch? bila pompa air yang tidak menggunakan Tandon air (alias bila kran air dibuka maka pompa menyala, sementara bila kran ditutup maka pompa mati). Bila switch ini rusak, gantilah dengan yang baru untuk memperbaiki pompa air mati total tsb.
  2. Jika tegangan listrik masuk sampai ke terminal pompa air tetapi motor pompa tidak hidup atau tidak ada suara sama sekali maka dapat dipastikan ?Spull? dari pompa air putus atau ?Thermal Switch? yang berada dalam spull pompa air putus. Atau dapat juga Spull pompa sudah terbakar dengan kondisi kawat di dalamnya sudah putus. Bilas pull terbakar tetapi kawat tidak puth maka akan membuat MCB rumah kita jegleg. Gantilah spull tsb dengan yang baru untuk memperbaiki pompa air mati total tsb.
Baca juga: Cara Mengatasi MCB Jeglek dengan Resistor

Itulah 2 penyebab dan cara memperbaiki pompa air mati total. Untuk pemeriksaan sebaiknya menggunakan testpen dan AVO meter. Selamat mencoba ..


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/08/cara-memperbaiki-pompa-air-mati-total.html


Video yang berkaitan dengan Cara Memperbaiki Pompa Air Mati Total


0 comments:

Post a Comment