Sunday 31 January 2016

Cara Mengukur Tegangan DC Yang Wajib Diketahui


Perlu Sobat ketahui sekalian bahwa hampir semua peralatan elektronika menggunakan sumber listrik tegangan DC. Bekerja atau tidaknya sebuah alat elektronika akan sangat bergantung dari kesesuaian tegangan DC yang digunakan. Bila kebutuhan tegangan dan besarnya tegangan yang dialirkan oleh sumber listrik adalah sama atau sesuai maka dapat dipastikan alat elektronika tsb akan berjalan secara otomatis, dengan catatan alat elektronika tsb dalam keadaan baik / tidak rusak. Namun sebaliknya bila kebutuhan alat elektronika tsb tidak mendapatkan tegangan yang sesuai misalnya kekurangan atau kelebihan maka kemungkinan besar alat tsb tidak akan berjalan. Parahnya lagi bila tegangan yang diberikan melebihi maka dapat menyebabkan kerusakan alat. Untuk memastikan bahwa tegangan DC yang diperlukan dan diberikan adalah sesuai maka kita perlu mengetahui besarnya tegangan yang dibutuhkan dan yang diberikan. Cara yang termudah adalah dengan melihat spesifikasi dari alat dan sumber listrik, namun bila tidak tersedia maka Anda harus melakukan pengukuran tegangan tsb. Nah masalahnya bagaimana cara mengukur tegangan DC dan alat apa yang diperlukan untuk membantu cara mengukur tegangan DC tsb.

cara mengukur tegangan DC
Cara Mengukur Tegangan DC dalam Rangkaian (photo credit: blog.doorbellsdirect.com)

Cara Mengukur Tegangan DC


Sebetulnya cara mengukur tegangan DC itu mudah sekali dengan bantuan alat multimeter baik digital maupun analog. Cara mengukur tegangan DC pada alat elektronika maupun sumber listrik sebetulnya hampir sama namun untuk mengukur besarnya tegangan yang diperlukan oleh alat elektronika dalam sebuah rangkaian agak rumit sedikit.
Baca juga: Cara Membuat Charger Baterai Kering dari Charger HP

Cara Mengukur Tegangan DC Sumber Listrik (Baterai / Accu / Power Supply / Adaptor)

  1. Perkirakan berapa besar tegangan yang akan sobat ukur misalnya 12 volt.
  2. Putar sakelar multimeter pada posisi voltase diatas perkiraan yaitu DCV 50
  3. Hubungkan ujung kabel merah multimeter (biasanya sudah ada penjepit buayanya) pada kutub positif sumber listrik dan ujung kabel hitam multimeter pada kutub negatif sumber listrik. Hati-hati jangan sampai terbalik ya!
  4. Perhatikan pergerakan jarum, angka yang ditunjuk jarum adalah besarnya voltage / tegangan DC dari sumber listrik tsb.
Baca juga: Cara Merubah Power Supply menjadi Adaptor Multifungsi

Cara Mengukur Tegangan DC Dalam Rangkaian Alat Elektronika


Cara mengukur tegangan DC dalam rangkaian memang agak rumit sedikit karena kita harus mencari tahu dulu letak terminal positif dan negatif nya. Biasanya pada alat elektronika yang bagian power supply nya menyatu dengan bagian lainnya (seperti pada TV, radio, dll) agak sulit diketahui letak kedua terminal tsb karena tidak ada keterangannya.

Apabila sobat tidak menemukan keterangan terminal yang dimaksud maka sobat harus mencari dulu groundnya yang biasanya ditandai dengan jalur yang paling tebal dan selalu terhubung dengan kutub negatif dari kondensator.

Setelah menemukan ground, langkah selanjutnya untuk mengukur tegangan alat adalah dengan mencari jalur positifnya. Cara termudah yang dapat sobat lakukan adalah mencari kondensator kutub positif yang biasanya ditandai dengan ukurannya yang paling besar tegangannya (working voltage) yang terletak berdekatan dengan dioda penyearah.

Bila kedua jalur tsb sudah ditemukan, maka cara mengukur tegangan alat dapat dilakukan sama dengan cara mengukur tegangan DC sumber listrik di atas.

Itulah cara mengukur tegangan DC yang perlu sobat ketahui. Semoga bermanfaat ?


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/07/cara-mengukur-tegangan-dc.html


Video yang berkaitan dengan Cara Mengukur Tegangan DC Yang Wajib Diketahui


0 comments:

Post a Comment