Saturday 23 July 2016

Rangkaian Pengatur Kecepatan Dynamo

Proyek elektronika kali ini adalah membuat Rangkaian Pengatur Kecepatan DynamoSkema rangkaian pengatur kecepatan dynamo AC220V tersebut di bangun memakai TRIAC & DIAC sbg komponen intinya, & suatu potensiometer sbg pengendali kecepatan putaran dynamo AC220V itu. Skema rangkaian Pengatur Kecepatan dynamo AC220V tersebut bekerja seperti dimmer lampu AC, di mana supply tegangan/voltage ke dynamo AC220V dikontrol memakai TRIAC lewat potensiometer. Skema rangkaian pengontrol kecepatan dynamo AC220V tersebut benar-benar sederhana & memakai komponen yg gampang didapat dipasaran hingga bisa di buat maupun dirakit dengan gampang. 

Daftar komponen untuk rangkaian di atas ;


T1 memiliki tipe atau berukuran Z0607
Dioda 1 memiliki tipe atau berukuran C312
Resistor 1 memiliki tipe atau berukuran 500KΩ
Resistor 2 memiliki tipe atau berukuran 37KΩ
Capasitor 1 memiliki tipe atau berukuran 100NF

Skema rangkaian Pengatur Kecepatan dynamo AC220V pada gambar di atas bekerja dengan cara anlog dengan langkah mengatur supply tegangan/voltage dynamo AC220V memakai TRIAC berdasarkan tegangan/voltage bias yg diberikan ke TRIAC itu lewat DIAC yg dikendalikan oleh potensiometer Resistor 1. Di mana makin besar bias gate TRIAC yg diberikan maka makin besar juga level tegangan/voltage yg diberikan ke dynamo AC220V , & makin kecil tegangan/voltage bias gate maka makin rendah pula tegangan/voltage supply ke dynamo AC220V .
Makin besar tegangan/voltage supply ke dynamo AC220V yg diberikan maka makin cepat juga kecepatan putaran dynamo AC220V & sebaliknya bakal makin lambat putaran dynamo AC220V jika supply tegangan/voltage ke dynamo AC220V di turunkan. Butuh di ketahui bahwasanya “Rangkaian Pengatur Kecepatan dynamo AC220V” tersebut bekerja di tegangan/voltage listrik AC220 volt, hingga janganlah menyentuh jalur kelistrikan skema rangkaian di waktu skema rangkaian tersebut terhubung ke jaringan listrik AC220V itu.
Demikianlah ulasan mengenai cara membuat Rangkaian Pengatur Kecepatan Dynamo, smoga bermanfaat..


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Pengatur Kecepatan Dynamo


1 comment: