Friday 19 February 2016

Cara Memperbaiki Lemari Es Yang Tidak Bisa Dingin

Fungsi dari lemari es adalah mendinginkan sesuatu yang ada di dalamnya sehingga makanan / minuman akan lebih segar saat disantap dan agar makanan tsb tidak cepat rusak selama penyimpanan. Namun apa jadinya bila kulkas tsb tidak bisa dingin? Ini artinya kulkas sudah tidak dapat berfungsi normal lagi. Nah bila Anda mengalami masalah yang sama, Anda masih dapat mencoba memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin tsb sendiri loh ?
Baca juga: Tips Cara Mudah Memperbaiki Aki Kering Yang Soak
cara mengatasi kulkas yang tidak mau dingin

Cara Memperbaiki Lemari Es Yang Tidak Bisa Dingin


Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin sbb:
  • Periksa apakah lampu penerangan kulkas saat dibuka padam? Bila lampu padam artinya arus listrik tidak dapat masuk ke kulkas Anda. Untuk memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin karena tidak adanya arus ini dapat dilakukan dengan memeriksa kondisi steker dan stop kontak, bila rusak maka perbaiki atau diganti dengan yang baru.
  • Bila lampu kulkas menyala, cobalah Anda lanjutkan dengan mendengarkan atau memegang kompresor menggunakan kain lap. Kompresor adalah bagian yang berada di belakang kulkas, berbentuk silinder besar, biasanya berwarna hitam. Bila tidak ada suara / getaran artinya tegangan listrik tidak masuk ke motor kompresor, bisa disebabkan karen motor timer yang tidak berfungsi, kabel putus misalnya karena digigit tikus, thermostat rusak. Bila hal ini terjadi segera copot motor kompresor untuk memulai memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin dan mencegah kerusakan menjalar ke bagian lainnya.
Baca juga: Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak
  • Bila ada kabel yang putus, Anda dapat memeriksanya menggunakan AVO meter, maka gantilah kabel tsb dengan yang baru.
  • Bila kabel tidak putus, periksa timer dan thermostatnya. Bila rusak, gantilah dengan yang baru untuk memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin tsb.
  • Bila ada getaran / suara pada kompresor namun tetap tidak dingin mungkin ada kebocoran pada sistem tertutupnya sehingga Freon cepat habis. Untuk kasus ini panggilah tukang service professional untuk memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin tsb.
Itulah beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki lemari es yang tidak bisa dingin. Selamat mencoba ?


reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/08/memperbaiki-lemari-es-yang-tidak-dingin.html


Video yang berkaitan dengan Cara Memperbaiki Lemari Es Yang Tidak Bisa Dingin


0 comments:

Post a Comment