Friday 19 February 2016

Tips Memilih dan Merawat Emergency Lamp

Emergency Lamp / lampu darurat adalah lampu yang dapat digunakan saat tidak ada arus listrik atau mati lampu. Namun lampu darurat tsb baru dapat difungsikan bila baterai di dalamnya masih memiliki daya listrik. Bila lupa men-charge lampu tsb maka sama saja, lampu tidak dapat dinyalakan. Lalu bagaimana caranya memilih dan merawat emergency lamp? Adakah tips khusus?

Baca juga: Rangkaian Lampu Darurat / Emergency

cara merawat emergency lamp agar awet dan tahan lama


Cara Memilih Emergency Lamp Yang Bagus


Memang banyak sekali pilihan lampu darurat yang dijual di pasaran yang mungkin membuat Anda bingung. Untuk membantu Anda, berikut ini beberapa tips memilih emergency lamp yang tepat:

1. Pilihlah Emergency LED Lights karena kelebihannya yaitu:
  • Harganya relatif lebih murah
  • Lebih hemat daya listrik
  • Lebih tahan lama (awet)
  • Cahayanya relatif lebih terang
2. Pilihlah yang memiliki tombol / knop yang dapat mengatur terang / redupnya cahaya sehingga dapat menghemat pemakaian listrik saat diredupkan.

Walaupun kita sudah memilih yang bagus namun tetap perlu dilakukan cara merawat emergency lamp agar tetap awet.

Cara Merawat Emergency Lamp Agar Tetap Awet


Berikut adalah cara merawat Emergency Lamp yang tepat agar baterai / aki kering di dalamnya lebih awet dan berumur panjang:
  • Charge / isi baterai hingga benar-benar penuh atau sekitar 6 jam saat baru saja membeli emergency lamp.
  • Jika lampu darurat ini tidak digunakan dalam kurun waktu 2 bulan atu lebih sebaiknya perlakukan seperti poin pertama yaitu charge / isi baterai hingga penuh.
  • Hindari menghubungkan steker / kabel pengisian lampu ke sumber listrik karena dapat mengakibatkan baterai bocor dan bahkan tak mampu lagi menyimpan arus listrik
  • Hindari juga mengisi baterai saat kapasitas baterai masih banyak. Lakukan pengisian emergency lamp saat baterai benar-benar habis yaitu saat lampu sudah tidak menyala kecuali dalam kasus poin no. 2.
  • Bila lampu darurat Anda menggunakan lampu neon / TL, maka gantilah lampu tsb bila nampak noda hitam pada ujung-ujung lampu karena dapat menghambat kinerja rangkaian eletronik di dalamnya yang dapat berdampak buruk pada baterai / aki kering.
Itulah cara merawat emergency lamp yang dapat Anda lakukan agar lebih tahan lama.

Baca juga: Cara Memperbaiki Pompa Air Yang Rusak



reff : http://www.hoo-tronik.com/2015/08/tips-memilih-dan-merawat-emergency-lamp.html


Video yang berkaitan dengan Tips Memilih dan Merawat Emergency Lamp


0 comments:

Post a Comment