Sunday 31 July 2016

Rangkaian Inverter 12V Ke 220V Berdaya Besar Menggunakan IRF510


Kunci utama dari membuat Rangkaian Inverter CT 6V Ke 220V Berdaya Besar Menggunakan IRF510 adalah :

1. Semua komponen harus berkualitas terutama bagian osilator seperti penggunaan 1UF/16V harus menggunakan Tantalum atau MKM, resistor harus menggunakan Metal Film, semua resistor berkapasitas 1/4 Watt.
2. Untuk mendapatkan daya yang maksimal gunakanlah power final transistor mosfet IRF510 atau IRF1404.
3. Transformator harus benar-benar murni artinya pada gulungannya agar didapatkan keluaran daya yang maksimum, minimal kapasitas 5A.
4. Sebelum dipasang tambahan final power transistor lebih banyak lagi, sebaiknya coba menggunakan final transistor 2 saja dulu untuk menguji apakah rangkaian dasar osilatornya bekerja normal atau tidak, tandanya bila rangkaian osilator stabil adalah bila dipegang pada final transistor oleh jari terasa dingin/hangat-hangat kuku, ujilah pada lampu 5-10 watt selama beberapa puluh menit. Bila terjadi kenaikan suhu/panas (apalagi sampai jebol) pada transistor final berarti ada komponen yang tidak baik, maka gantilah komponen osilatornya dengan yang baru terutama pada elko 1 Uf/6V harus yang benar-benar bagus.

Apabila semuanya telah sempurna maka inverter ini telah siap digunakan, penulis sendiri telah mencoba rangkaian ini untuk menghidupkan mesin cuci dan pompa air, dan hasilnya menakjubkan, penulis menggunakan aki mobil truk dan trafo 10A.

Smoga artikel tentang cara membuat Rangkaian Inverter CT 6V Ke 220V Berdaya Besar Menggunakan IRF510 ini bisa bermanfaat dan bisa dikembangkan lagi oleh sobat semua.


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Inverter 12V Ke 220V Berdaya Besar Menggunakan IRF510


0 comments:

Post a Comment