Monday 1 August 2016

Rangkaian Setruman Ikan Tanpa Platina


Proyek kali ini akan membahas tentang cara membuat Rangkaian Setruman Ikan Tanpa Platina, kunci utama dalam membuat sebuah setruman ikan adalah dimana sebuah alat setruman ikan itu bisa melumpuhkan ikan Mujair dan ikan Lele dan tidak membahayakan si pemakai setruman ketikan dipakai di air, jadi sebuah alat setruman itu dikatakan baik bila sudah bisa melumpuhkan ikan Mujair dan ikan Lele serta aman dipakai oleh sipemakai setruman itu sendiri.

Pada gambar di atas merupakan sebuah rakitan alat setruman yang sudah diuji coba keampuhannya serta memenuhi kriteria sebuah alat setruman yang baik dan ideal untuk digunakan memburu ikan di sungai ataupun di emapang atau kolam, dan hasilnya telah sukses 100%. Alat setruman di atas juga tidak membuat Aki cepat habis alias irit. Jantung utama dari rangkaian di atas adalah 1 buah rangkaian osilator sebagai pembangkit frekwensi listrik lokal yang diperkuat oleh 4 buah transistor mosfet yaitu IRZ44N atau bila ingin lebih powerfull gunakan mosfet tipe IRZ510 atau IRZ1404. Penggunaan semua komponen harus berkualitas baik dan janganlah memakai kualitas abal-abal karena alat ini adalah alat yang harus tahan banting dari cuaca, getaran dan menggunakan arus besar dari sebuah Aki. Terutama komponen yang harus berkualitas itu adalah bagian osilator pembangkit frekwensi yang dibangun oleh 2 buah transistor MJE13001, 2x5K6, 2x330, 2x220, dan 2x1uf/16v. Usahakan gunakan semua resistor berjenis Metal Film, gunakan kapasitor berjenis MKM atau Tantalum. Satu lagi catatan : gunakanlah semua resistor berdaya 1/4watt (seperempat watt), bila rangkaian telah jadi : janganlah dahulu memakai 4 buah transistor power tetapi teslah dahulu rangkaian osilatornya memakai 1 buah transistor power dengan menghubungkannya ke sebuah lampu 5 watt beberapa menit, kemudian sambil menyala tempelkan jari di badan transistor power, syaratnya bila osilator bekerja stabil bilamana transistor power tidak mengalami kenaikan panas yang cepat aplagi sampai jebol kebakar, suhu transistor power harus hangat-hangat kuku ketika dikasih beban sebuah lampu 5 watt, bila terjadi kenaikan suhu yang cepat sampai panas sekali berarti rangkaian osilator itu bermasalah dan cepat-cepatlah teliti kembali dan bila perlu ganti dahulu bagian resistor kemudian tes lagi, ganti lagi bagian kapasitor kemudian tes lagi, kemuadia bagian transistor kemudian tes lagi, sampai didapatkan kestabilan suhu pada transistor power mosfetnya.


Gbr.Blok Osilator 

Demikianlah bahasan kita kali ini tentang cara membuat Rangkaian Setruman Ikan Tanpa Platina, smogabisa menjadi inspirasi bagi kita semua dan smoga bisa lebih ditingkatkan lagi menjadi alat yang berkualitas lebih dari sebelumnya.


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Setruman Ikan Tanpa Platina


0 comments:

Post a Comment