Monday 15 August 2016

Rangkaian Dasar Sentuh Switch Transistor


Berikut ini adalah proyek dari Rangkaian Dasar Sentuh Switch Transistor. Sirkuit ini dan juga dapat digunakan untuk mengaktifkan relay sebagai pengganti LED. Rangkaian ini cukup sensitif karena kita telah menggunakan dua buah transistor pasangan Darlington. Keuntungan tersebut pertama diperkuat oleh transistor pertama dan kemudian lebih lanjut diperkuat dan dikalikan dengan kedua dan seterusnya sebagai hasilnya kita mendapatkan keuntungan saat yang sangat tinggi. Karena gain arus tinggi sirkuit dapat mendeteksi melewati saat yang sangat kecil melalui kulit kita dan mengaktifkan LED.

Sirkuit dapat dioperasikan dengan 6, 9 dan 12 volt tetapi pastikan untuk menggunakan resistor untuk LED pembtas arus yang tepat di tempat Rx. Gunakan 330 ohm resistor untuk 6 volt, 390 ohm untuk 9 volt dan 470 ohm untuk 12 volt.

Sistem kerja dari rangkaian tersebut adalah sederhana; kedua transistor bekerja sebagai saklar. Ketika Anda menyentuh titik sentuh rangkaian, arus yang sangat kecil dari kulit kita yang memberi panjaran arus melalui variabel resistor 200K kemudian menuju pasangan transistor Darlington menjadi aktif menjadikan Led terhubung singkat dengan ground dan memberikan arus pada LED melalui Rx.

Itulah sekilas tentang Rangkaian Dasar Sentuh Switch Transistor. Smoga bias menjadi inspirasi.


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Dasar Sentuh Switch Transistor


0 comments:

Post a Comment