Monday 15 August 2016

Rangkaian Dasar Timer Transistor

Sebuah Rangkaian Dasar Timer  Transistor dapat dibangun dengan menggunakan hanya satu atau dua transistor. Angka-angka di bawah menunjukkan skema yang berbeda dari sirkuit timer sederhana, yang dapat dibangun dengan sangat mudah dengan beberapa komponen umum. Sirkuit ini dapat digunakan untuk  Figure 1 menunjukkan timer yang sangat sederhana yang akan mengaktifkan relay untuk sekitar 45 detik setelah menekan tombol push S1. Waktu tunda dari rangkaian dapat ditambah / dikurangi dengan menambah / mengurangi nilai 470uF kapasitor. Misalnya kapasitor 1000uF dapat memberikan sekitar 2,5 menit waktu tunda.

Untuk lebih meningkatkan waktu tunda dapat dilakukan dengan menambahkan transistor lain 2N3904 sebagai pasangan Darlington seperti yang ditunjukkan pada Figure 2. Dengan menggunakan sepasang Darlington waktu tunda dapat meningkat menjadi hampir dua kali lipat. Misalnya kapasitor 1000uF dapat memberikan sekitar 5 menit waktu tunda.

Anda juga dapat menggunakan BC517 NPN Darlington sebagai pengganti dua  transistor 2N3904 seperti yang ditunjukkan pada Figure 3.


Figure 1.
 Figure 2.
 Figure 3.

Itulah sekilas tentang Rangkaian Dasar Timer  Transistor, smoga bermanfaat.


Video yang berkaitan dengan Rangkaian Dasar Timer Transistor


0 comments:

Post a Comment