Monday 8 August 2016

MEMBUAT FLASHER LAMPU SEIN MOTOR MENGGUNAKAN IC TIMER 555


Artikel elektronik kali ini adalah tentang MEMBUAT FLASHER LAMPU SEIN MOTOR MENGGUNAKAN IC TIMER 555.

Flasher lampu sein ini sangat unik ksekali arena kedipannya dapat diatur sesuai selera dan dapat digunakan untuk lampu LED. Dengan sedikit modifikasi penyambungan dapat pula digunakan sebagai pengedip lampu sein untuk keperluan konvoi motor.

Daftar komponen :
R1 = 1k
R2 = 2k2
R3, R4 = 390Ω
R5 = 1k5
VR1 = 50k
C1 = 22µF/25V
C2 = 100µF/25V
D1, D2 = 1N4002
T1 = FCS9013
T2, T3 = A614 / TIP42A
IC1 = 555

Atur-aturlah VR1 agar lampu menyala berkedip sesuai dengan yang diinginkan. 

Pemasangan flasher ke sepeda-motor :
Pada gambar di atas diperlihatkan skema blok pemasangan rangkaian flasher di perkabelan sepeda motor.
Ada persyaratan khusus untuk memfungsikan flasher buatan sendiri ini di sepeda-motor, yaitu bahwa flasher yang lama harus di-nonaktifkan terlebih dahulu. Carilah flasher yang lama ini dan cabutlah dari terminal sambungannya. Letak flasher berbeda-beda pada setiap model sepeda-motor, namun biasanya ada di bagian kepala dekat lampu sorot depan.

Setelah dicabut, dua kabel sambungan di mana flasher yang lama tadi tersambungkan harus disatukan (disambungkan bersama atau dihubung-singkat).
Kemudian jika itu telah selesai, lihat dan urutkan dua kabel dari saklar lampu sein yang menuju ke +bohlam lampu sein kiri dan +bohlam lampu sein kanan. Saklar lampu sein terdapat di stang bagian kiri, jika perlu saklar ini dapat dilepas atau dikeluarkan terlebih dahulu agar lebih jelas melihat kabel-kabelnya.
Apabila sudah terlihat, pastikan manakah kabel yang menuju bohlam lampu sein kiri dan manakah yang menuju bohlam lampu sein kanan, tandai jika perlu. Kedua kabel ini merupakan kabel + lampu sein.
Setelah itu putuskan masing-masing dari kedua kabel tersebut. Sebaiknya pemutusan dilakukan di bagian kabel di mana di dekat situ nantinya akan diletakkan rangkaian flasher buatan sendiri ini.
Setelah diputus, dari masing-masing kabel + lampu sein akan terbagi menjadi dua : Satu bagian yang menuju ke saklar lampu sein di stang dan satu bagian lagi yang menuju ke bohlam lampu sein.
Jika telah selesai, lakukan penyambungan sebagaimana diperlihatkan pada gambar berikut 
Kabel + lampu sein kiri yang menuju saklar sein disambungkan ke sambungan in L pada rangkaian flasher, sedangkan kabel + lampu sein kiri yang menuju ke bohlam lampu sein kiri disambungkan ke out L pada rangkaian. Lakukan hal yang serupa untuk bagian kanan.
Sambungan gnd (ground) rangkaian flasher disambungkan ke body motor atau terminal negatif aki motor.
Adapun “saklar fungsi” merupakan saklar tambahan yang bisa dipasang agar rangkaian dapat difungsikan sebagai pengedip lampu sein untuk keperluan konvoi. Apabila saklar ini di-on-kan maka kedua lampu sein akan menyala berbarengan.
Saklar ini boleh dipasang boleh juga tidak. Jika dipasang, gunakan saklar togel besar yang berkwalitas baik.
Jika ada keraguan tentang pemasangan ke perkabelan sepeda-motor ini, sebaiknya berkonsultasi dengan orang yang sudah mengerti tentang seluk-beluk perkabelan sepeda motor untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Sampai di sini selesailah penyambungan rangkaian flasher ke perkabelan sepeda motor.
Ujilah rangkaian dengan menghidupkan kontak sepeda motor lalu mencoba memposisikan saklar lampu sein ke kiri atau ke kanan. Apabila tidak terjadi kesalahan penyambungan, lampu sein akan berkedip bagus.

Alternatif rangkaian untuk penggunaan aki 24 volt :



reff:http://www.sandielektronik.com/2015/09/flasher-sein-buatan-sendiri.html
Smoga tulisan tentang MEMBUAT FLASHER LAMPU SEIN MOTOR MENGGUNAKAN IC TIMER 555 ini bisa menambah wawasan kita semua...


Video yang berkaitan dengan MEMBUAT FLASHER LAMPU SEIN MOTOR MENGGUNAKAN IC TIMER 555


0 comments:

Post a Comment